SMA YPPK Taruna Dharma Siap Melaksanakan Sistem Kredit Semester Berdasarkan Kurikulum 2013 (K-13)

Jayapura – Mengawali tahun ajaran baru 2020-2021 SMA YPPK Taruna Dharma mulai menerapkan sistem kredit semester (SKS) adapun persiapan dan sarana sekolah telah memenuhi prasyarat yang ditetapkan.


Merujuk pada undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 12 ayat 1 point (b) menyatakan bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya; Pasal tersebut secara tegas mengedepankan bahwa peserta didik harus dilayani sesuai bakat, minat dan kemampuan yang berbeda antara individu yang satu dengan yang lainnya.


Sistem Kredit Semester selanjutnya disebut SKS adalah bentuk penyelenggaraan pendidikan yang dirancang untuk melayani peserta didik sesuai dengan bakat, minat, kemampuan dan/atau kecepatan belajar secara perseorangan dan/atau secara kelompok setiap semester. SKS diselenggarakan melalui pengorganisasian pembelajaran yang bervariasi dan pengelolaan waktu belajar yang fleksibel.


Pengorganisasian pembelajaran yang bervariasi dilakukan melalui penyediaan unit-unit pembelajaran utuh berbasis Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran. Pengelolaan waktu belajar yang fleksibel dilakukan melalui pengambilan beban belajar untuk unit-unit pembelajaran utuh setiap mata pelajaran oleh peserta didik sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing.


Prinsip penyelenggaraan SKS sesuai dengan Norma Standar Patokan dan Kriteria secara nasional (NSPK) adalah fleksibel, keunggulan, maju berkelanjuran, keadilan, dan relevansi. Untuk langkah awal SKS akan diterapkan pada siswa kelas X, sedangkan untuk siswa kelas XI dan XII tetap menggunakan sistem paket.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *