Tips Menjaga diri agar terhindar dari corona

SMA KATADHA – Infeksi virus Corona yang disebut COVID-19  pertama kali terjadi di kota Wuhan, China dan setelah itu terus berkembang, tersebar ke bebarapa negara di dunia. Indonesia juga tak luput dari Virus ini. Diperkirakan Virus ini berasal dari hewan, seperti kelelawar dan unta. Virus bisa menular dari hewan ke manusia, serta dari manusia ke manusia.

 

Penularan antar manusia kemungkinan besar melalui percikan dahak saat batuk atau bersin. Sampai saat ini belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan infeksi virus Corona. Oleh sebab itu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau agar kita (masyarakat) tidak memandang sebalah mata penyakit ini! Kita harus senantiasa melakukan tindakan pencegahan. Salah satunya adalah dengan menerapkan social distancing seperti yang sudah di instruksikan oleh pemerintah.

 

Berikut ini adalah tips untuk mencagah virus corona:

 

A. Mencuci tanggan :  Membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Gunakan produk hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif membasmi kuman.Cucilah tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, serta setelah batuk atau bersin. Apabila tidak ada hand senitizer kamu dapat menggunakan sabun mandi sebagai pengantinya

 

B. Menggunakan masker : Penting untuk menggunakan masker apa bila ingin berpergian. Secara umum, ada dua tipe masker yang bisa digunakan untuk mencegah penularan virus Corona, yaitu masker bedah dan masker N95.

  • Masker bedah atau surgical mask merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan. Masker ini mudah ditemukan, harganya terjangkau, dan nyaman dipakai
  • Masker N95 adalah jenis masker yang dirancang khusus untuk menyaring partikel berbahaya di udara. Jenis masker inilah yang sebenarnya lebih direkomendasikan untuk mencegah infeksi virus Corona. Soal kenyamanan Masker ini kurang nyaman untuk dikenakan sehari-hari dan harganya pun relatif mahalPilihlah masker yang mudah didapat dan murah dari kantong kalian. Dengan menggunakan masker setidaknya kita dapat meminimalisir dari penularan virus covid-19 kita berpergian keluar rumah

 

C.Menjaga daya tahan tubuh dari hasil pantauan dari berbagai sumber di media, Virus ini sangat rentan terhadap daya tahan tubuh manusia. Dengan bahasa yang sederhana jikalau daya tahan tubuh manusia itu lemah maka virus ini dapat masuk dan beraksi untuk itu sangat penting bagi kita untuk menjaga daya tahan tubuh.

 

Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak. Bila perlu, Anda juga menambah konsumsi suplemen sesuai anjuran dokter.

 

Selain itu, rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus Corona.

 

D. Tidak berpergian ke luar daerah Bagi anda yang ingin berpegian atau berlibur sebaiknya di batalkan aja dulu, apalagi tempat yang akan di datangi adalah zona merah penyebaran covid – 19 (Coronavirus). Bukankah menjaga kesehatan diri dan keluarga itu adalah hal utama. Jadi tenang aja dulu dirumah, Ikuti instruksi pemerintah setempat sampai kondisi ini dapat ditangani dengan baik.

 

E. Menjaga jarak Kembali lagi ke awal “Coronavirus” jenis baru diduga kuat berasal dari kelelawar dan disebarkan oleh beberapa hewan mamalia dan reptil. Oleh  sebab itu hindarilah kontak dengan hewan-hewan tersebut

 

Jika ingin mengonsumsi daging atau ikan, pastikan daging atau ikan tersebut sudah dicuci  bersih lalu dimasak hingga benar-benar matang.


 

Bila Anda mengalami gejala flu, seperti batuk, demam, dan pilek, yang disertai lemas dan sesak napas, segeralah memberanikan diri untuk periksa ke puskesmas atau rumah sakit terdekat agar dapat dukungan dari tenaga medis. Jangan takut! Virus ini  dapat disembuhkan..

 

Jadi mari kita sama-sama lawan penyebaran virus ini dan Apabila kita bertemu dengan Orang atau Pasien gejala-gelaja corona, Berstatus ODP (Orang Dalam Pengawasan) atau PDP (Pasien Dalam Pegawasan) janganlah kita memberi atau melebeli orang itu dengan stigma yang berlebih melainkan beri dukungan moril dan doakan dia agar lekas sembuh. 

 

Sekali lagi Ingat! teman-teman virus ini dapat disembuhkan.  Dari sekian banyak orang yang meninggal ada banyak juga orang telah disembuhkan | UKS (Usaha Kesehatan Sekolah)

Share this post

Share on facebook
Share on twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *